SATUAN ACARA PEMBELAJARAN
Mata
Ajar : Keperawatan Anak
Pokok Bahasan :
Penyakit Kulit dan Kelamin
Sub Pokok Bahasan :
Dermatitis
Sasaran
: Keluarga klien Poliklinik Anak
Waktu :
1 x 30 menit
Hari/Tanggal :
Jum’at, 24 Desember 2004
Penyaji :
Mahasiswa Profesi PSIK FK UGM
I.
ANALISA SITUASI
a.
Obyek/Sasaran
Obyek/sasaran adalah keluarga klien dalam hal
ini sebagai pengantar dan penunggu klien yang notabene adalah orang terdekat
klien poliklinik anak.
b.
Ruang
Penyuluhan diadakan di ruang tunggu klien
dengan background gambar-gambar bertemakan anak dan dengan warna cat didominasi
warna kuning. Tersedia OHP sebagai fasilitas untuk menyampaikan informasi.
c.
Subyek/Penyaji
Mahasiswa Profesi PSIK FK UGM Stase Keperawatan
Anak
II.
TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM (TIU)
Setelah mempelajari konsep Dermatitis keluarga
klien diharapkan mampu mengenal, mencegah dan mengatasi masalah dermatitis
dalam keluarga.
III.
TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS (TIK)
Setelah proses pembelajaran, mahasiswa
diharapkan mampu :
1. Memahami pengertian Dermatitis
2. Memahami etiologi Dermatitis
3.
Mengetahui manifestasi
klinik Dermatitis
4.
Memahami pencegahan
Dermatitis
5.
Memahami
penatalaksanaan Dermatitis
IV.
POKOK BAHASAN/MATERI
1. Pengertian Dermatitis
2. Etiologi Dermatitis
3.
Manifestasi klinik
Dermatitis
4.
Pencegahan Dermatitis
4. Penatalaksanaan Dermatitis
V.
PENDEKATAN DAN METODE
a. Pendekatan : Deduktif
b. Metode : 1.
Ceramah
2.
Tanya-jawab
VI.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
|
Tahap
|
Waktu
|
Kegiatan Pengajar
|
Subyek Belajar
|
1
2
3
|
Pembukaan
Pengembangan
Penutup
|
4 menit
20 menit
6 menit
|
? Memberi salam
?
Memfokuskan materi dengan bercerita
?
Menjelaskan tujuan pembelajaran
?
Menjelaskan Pengertian Dermatitis
?
Menjelaskan Etiologi dermatitis
?
Memberi kesempatan audiens untuk bertanya
?
Menjawab pertanyaan
?
Menjelaskan Manifestasi klinis dermatitis
?
Menjelaskan penatalaksanaan dermatitis
?
Memberi kesempatan audience untuk berta-nya
?
Menjawab pertanyaan
?
Bersama-sama keluarga klien merangkum ma-teri yang telah
disam-paikan
?
Menjelaskan prosedur evaluasi
?
Memberikan evaluasi secara lisan
? Memberi salam
penu-tup
|
? Menjawab salam
? Memperhatikan
dengan seksama
? Memperhatikan
? Mendengarkan
dan mencatat
? Memperhatikan
dan mencatat
? Mengajukan
per-tanyaan
? Menjawab/mengajukan
pendapat
? Memperhatikan
dan mencatat
? Memperhatikan
dan mencatat
? Mengajukan
pertanyaan
? Menjawab/mengajukan
pendapat
? Memperhatikan
dan mencatat
? Memperhatikan
? Menjawab
pertanyaan evaluasi
? Menjawab salam
|
VII. SUMBER
Lab/UPF Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin.
(2000). Pedoman Diagnosis dan Terapi. Surabaya : Panitia Medik Farmasi
dan Terapi RSUD Dr. Soetomo.
Mansjoer, A. (2000). Kapita Selekta
Kedokteran. Ed. 3, Cet. 1. Jakarta : Media Aesculapius.
Marenstein, GB. (2002). Buku Pegangan
Pediatri. Edisi 17. Jakarta : Widya Medika.
Staf Pengajar IKA FK UI. (2001). Ilmu
Kesehatan Anak.Cet. 6. Jakarta : Bagian IKA FK UI.
Handout and Health : Atopic Dermatitis,
2003, www.niams.nih.gov.
VIII. MEDIA/ALAT
Media yang digunakan :
1) Over
Head Projector (OHP)
2)
Materi transparan
3)
Gambar
4)
Leaflet
IX.
PELAKSANA
1. Penyuluh :
Nafiatun Khasanah
2. Moderator :
Tuti Seniwati
3. Notulen :
Anik Suwarni
4. Observer :
Siswoyo
5. Fasilitator :
Ayu Khuzaimah K & Erwi Rochma P.
X.
EVALUASI
a.
Evaluasi diberikan
segera setelah materi pokok telah disampaikan.
b.
Jenis evaluasi berupa
pertanyaan terbuka secara lisan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar