SATUAN ACARA PEMBELAJARAN (SAP): PENYULUHAN KESEHATAN ANAK


SATUAN ACARA PEMBELAJARAN


Mata Ajar                    :     Keperawatan Anak
Pokok Bahasan           :     Penyakit Kulit dan Kelamin
Sub Pokok Bahasan    :     Dermatitis
Sasaran                        :     Keluarga klien Poliklinik Anak
Waktu                         :     1 x 30 menit
Hari/Tanggal               :     Jum’at, 24 Desember 2004
Penyaji                        :     Mahasiswa Profesi PSIK FK UGM


I.             ANALISA SITUASI
a.       Obyek/Sasaran
Obyek/sasaran adalah keluarga klien dalam hal ini sebagai pengantar dan penunggu klien yang notabene adalah orang terdekat klien poliklinik anak.
b.      Ruang
Penyuluhan diadakan di ruang tunggu klien dengan background gambar-gambar bertemakan anak dan dengan warna cat didominasi warna kuning. Tersedia OHP sebagai fasilitas untuk menyampaikan informasi.
c.       Subyek/Penyaji
Mahasiswa Profesi PSIK FK UGM Stase Keperawatan Anak

II.          TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM (TIU)
Setelah mempelajari konsep Dermatitis keluarga klien diharapkan mampu mengenal, mencegah dan mengatasi masalah dermatitis dalam keluarga.

III.       TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS (TIK)
Setelah proses pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu :
1.   Memahami pengertian Dermatitis
2.   Memahami etiologi Dermatitis
3.      Mengetahui manifestasi klinik Dermatitis
4.      Memahami pencegahan Dermatitis
5.      Memahami penatalaksanaan Dermatitis
IV.       POKOK BAHASAN/MATERI
1.   Pengertian Dermatitis
2.   Etiologi Dermatitis
3.      Manifestasi klinik Dermatitis
4.      Pencegahan Dermatitis
4.   Penatalaksanaan Dermatitis

V.          PENDEKATAN DAN METODE
a.   Pendekatan :     Deduktif
b.   Metode         :     1.   Ceramah
                                 2.   Tanya-jawab

VI.       KEGIATAN PEMBELAJARAN
No
Tahap
Waktu
Kegiatan Pengajar
Subyek Belajar
1





2

















3

Pembukaan





Pengembangan

















Penutup
4 menit





20 menit

















6 menit
? Memberi salam
? Memfokuskan materi dengan bercerita
? Menjelaskan tujuan pembelajaran

? Menjelaskan Pengertian Dermatitis
? Menjelaskan Etiologi dermatitis
? Memberi kesempatan audiens untuk bertanya
? Menjawab pertanyaan


? Menjelaskan Manifestasi klinis dermatitis
? Menjelaskan penatalaksanaan dermatitis
? Memberi kesempatan audience untuk berta-nya
? Menjawab pertanyaan


? Bersama-sama keluarga klien merangkum ma-teri yang telah disam-paikan
? Menjelaskan prosedur evaluasi
? Memberikan evaluasi secara lisan
? Memberi salam penu-tup
?  Menjawab salam
?  Memperhatikan dengan seksama
?  Memperhatikan


?  Mendengarkan dan mencatat
?  Memperhatikan dan mencatat
?  Mengajukan per-tanyaan
?  Menjawab/mengajukan pendapat

?  Memperhatikan dan mencatat
?  Memperhatikan dan mencatat
?  Mengajukan pertanyaan
?  Menjawab/mengajukan pendapat

?  Memperhatikan dan mencatat

?  Memperhatikan

?  Menjawab pertanyaan evaluasi
?  Menjawab salam
VII.    SUMBER
Lab/UPF Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin. (2000). Pedoman Diagnosis dan Terapi. Surabaya : Panitia Medik Farmasi dan Terapi RSUD Dr. Soetomo.

Mansjoer, A. (2000). Kapita Selekta Kedokteran. Ed. 3, Cet. 1. Jakarta : Media Aesculapius.

Marenstein, GB. (2002). Buku Pegangan Pediatri. Edisi 17. Jakarta : Widya Medika.

Staf Pengajar IKA FK UI. (2001). Ilmu Kesehatan Anak.Cet. 6. Jakarta : Bagian IKA FK UI.

Handout and Health : Atopic Dermatitis, 2003, www.niams.nih.gov


VIII. MEDIA/ALAT
Media yang digunakan :
1)   Over Head Projector (OHP)
2)      Materi transparan
3)      Gambar
4)      Leaflet

IX.       PELAKSANA
1.    Penyuluh     : Nafiatun Khasanah
2.    Moderator   : Tuti Seniwati
3.    Notulen       : Anik Suwarni
4.    Observer      : Siswoyo
5.    Fasilitator    : Ayu Khuzaimah K & Erwi Rochma P.

X.          EVALUASI
a.       Evaluasi diberikan segera setelah materi pokok telah disampaikan.
b.      Jenis evaluasi berupa pertanyaan terbuka secara lisan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2011 PAKAR BANGSA - All rights reserved. PIK REMAJA KECAMATAN PASEKAN INDRAMAYU