Tipe Belajar | Dalam Menerima Informasi | Sensitivitas pada Lingkungan | Yang Diperhatikan Saat Bertemu dengan Orang Baru | Gerakan Mata | Cara Berbicara | Memori |
Visual | Senang melihat menggunakan alat Bantu visual atau melihat demo secara langsung | - Sangat sensitif pada lingkungan visual - Merasa perlu lingkungan yang menarik - Tidak menyukai ketidakserasian Pemandangan | - Wajah - Pakaian - Penampilan | - Saat berpikir menatap langit-langit - Saat mendengar harus menatap orang yang berbicara | Senang menggambarka n elemenelemen visual seperti warna, bentuk, ukuran dan penampilan | - Sangat bagus dalam penampilan visual lingkungan dan yang nampak grafik |
Auditori | - Mendengarkan - Berbicara - Membaca dengan suara keras - Mendiskusikan sesuatu - Memproses informasi dengan suara keras | - Mendengarkan - Berbicara - Membaca dengan suara keras - Mendiskusikan sesuatu - Memproses informasi dengan suara keras - Selalu membutuhkan Stimulasi auditori secara kontinyu - Jika suasana terasa sunyi mereka akan membuat suara Dengan bersenandung. | - Nama - Suara - Cara berbicara - Tutur kata seseorang | - Senang menggerakan bola mata dari kiri ke kanan - Hanya melihat sekilas orang yang diajak bicara | - Senang menggambarkan suara musik, dan kebisingan di sekitarnya - Senang mengulangi kata-kata orang lain | - Baik dalam hal dialog, musik dan suara |
Kinestetik | - Menggerakan otot-otot tubuh. - Terlibat dalam suatu aktivitas sambil menggerakan tubuh | Tertarik pada semua kegiatan di lingkungan - Selalu membutuhkan ruang gerak yang luas. - Sering merasa terganggu oleh aktivitas orang lain. | Bagaimana seseorang bertingkah laku. - Apa yang dilakukannya. - Apa yang sempat mereka lakukan bersama-sama. - Bagaimana saat berdekatan dengan seseorang. | - Dapat mendengarkan dan memikirkan sesuatu saat mata tidak melihat lurus karena mereka belajar sambil terus bergerak. | Tidak banyak bicara - Senang bicara langsung ke sasaran - Senang menggunakan gerakan tubuh saat bicara | - Baik dengan segala jenis gerakan |
BAKAT/TALENTA SESUAI DENGAN
URUTAN GAYA BELAJAR
AKV | Leader of The Pack | Pemimpin Masyarakat |
| | Politisi |
| | Eksekutif |
| | Manager |
| | pejabat militer |
AVK | Verbal Gymnast | |
– (– (orator/Dai/ Orator/Da’i/Dosen/Pengusaha/
Pembaca Puisi/Pembawa Acara/Humas/Diplomat/Sales Marketing)
KAV – Mover and Goovers (Aktivis dan Olahragawan)
KVA – Wandering Wonderers (Pemerhati aktif/ Counseler/Perawat/Seniman)
VKA – SEERS AND FEELERS (PENGAMAT DAN PENELITI)
VAK – SHOW AND TELLERS (PENCERITA/NOVELIS/CERPENIS)
AKV
(AUDITORIAL, KINESTETIK, VISUAL)
“LEADER OF THE PACK”
(Pemimpin Masyarakat/Politisi/eksekutif/manager/pejabat militer)
- Pelajar tipe ini berenergi besar
- Mengambil posisi pemimpin
- Mengungkapkan perasaannya dengan baik
- Mereka suka berdebat dan bermain kata-kata
- Mengingat hal yang dikatakan kata per kata
- Berbicara dengan konstan baik pada saat berbicara atau bernyanyi
- Mereka umumnya berhasil dalam olahraga dan kegiatan fisik.
AVK
(AUDITORIAL, VISUAL, KINESTETIK)
“VERBAL GYMNAST”
(Orator/Da’i/Dosen/Pengusaha/Pembaca Puisi/Pembawa Acara/Humas/Diplomat/Sales Marketing)
- Pembicara yang hebat
- Kemampuan verbal mereka membuat mereka tampak sangat pintar
- Menyukai berdebat, penceritaan kisah, permainan kata, dan kegiatan verbal lain
- Pelajar jenis ini sangat cocok pada dunia akademis, tetapi sangat sulit menguasi tugas-tugas fisik dan olahraga
- Merak merasa enggan melakukan kontak fisik dan sulit mengungkapkan emosi mereka.
KAV
(KINESTETIK, AUDITORIAL, VISUAL)
“MOVER AND GROOVER”
(Aktivis/Olahragawan/Peneliti/Administrator/Teller Bank)
- Berorientasi kegiatan fisik
- Mereka tampaknya selalu bergerak (kinestetik) dan suka memanipulasi (memegang) benda-benda.
- Bahkan ketika mereka seharusnya duduk tenang, mereka tetap menghentak kaki/merasa gelisah
- Mereka mengamati dunia dengan menyentuh, melakukan sesuatu, dan mengalaminya sendiri
- Secara alamiah atletik tepat bagi mereka
- Mereka sulit memusatkan pikiran pada materi visual.
KVA
(KINESTETIK, VISUAL, AUDITORIAL)
“WANDERING WONDERERS”
(Pemerhati Aktif/Counseler/Perawat/Seniman)
- Sangat mudah melakukan fisik dan olahraga, terkoordinasi baik dan kehadirannya sangat terasa.
- Mereka banyak energi dan suka bergerak.
- Belajar dengan mengamati tindakan orang lain secara diam-diam
- Mereka mengalami kesulitan mengungkapkan perasaan mereka
- Bisa terbebani dengan pembicaraan yang terlalu lama (to the point)
- Mereka suka melihat gambaran utuh dan mengenali bagaimana segala sesuatu saling sesuai.
VKA
(VISUAL, KINESTETIK, AUDITORIAL)
“SEERS AND FEELERS”
(Pengamat/Perasa)
- Mereka dengan mudah mengingat hal yang mereka lihat dan baca
- Belajar dengan meniru tindakan orang lain
- Mereka sulit mengikuti petunjuk verbal
- Mereka bekerja sangat baik dalam lingkungan yang sangat teratur; mereka sulit berpikir jernih bila meja mereka berantakan
- Ketika berbicara, mereka mungkin agak sulit membuat diri mereka dipahami dan memerlukan waktu lama untuk mengerti intinya.
VAK
(VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK)
“SHOW AND TELLERS”
(Pencerita/Novelis/Cerpenis/Penulis Buku)
- Bersifat sosial, aktif berbicara dan ramah
- Mereka belajar melalui alat bantu visual seperti grafik, diagram, dan gambar
- Pembaca aktif dan merasa mudah menghafal yang mereka baca dengan mencacat dan berbicara kepada diri mereka sendiri
- Mereka menghindari olahraga dan merasa sulit mempelajari tugas-tugas fisik, seperti naik sepeda
- Mereka banyak berlatih untuk menyesuaikan kegiatan seperti ini
- Mereka tidak nyaman bila disentuh.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar