Tabel Gaya Belajar



Tipe Belajar
Dalam
Menerima
Informasi
Sensitivitas pada
Lingkungan
             Yang
Diperhatikan
Saat Bertemu
dengan Orang
Baru
Gerakan Mata
Cara Berbicara
Memori
Visual
Senang melihat
menggunakan
alat Bantu
visual atau
melihat demo
secara
langsung
- Sangat sensitif pada lingkungan visual
- Merasa perlu lingkungan yang menarik
- Tidak menyukai ketidakserasian Pemandangan
- Wajah
- Pakaian
- Penampilan
- Saat berpikir
menatap langit-langit
- Saat mendengar
harus menatap
orang yang
berbicara
Senang
menggambarka
n elemenelemen
visual
seperti warna,
bentuk, ukuran
dan penampilan
- Sangat
bagus dalam
penampilan
visual
lingkungan
dan yang
nampak
grafik
Auditori
- Mendengarkan
- Berbicara
- Membaca
dengan suara
keras
- Mendiskusikan
sesuatu
- Memproses
informasi
dengan suara
keras
- Mendengarkan
- Berbicara
- Membaca dengan suara
keras
- Mendiskusikan sesuatu
- Memproses informasi
dengan suara keras
- Selalu membutuhkan
Stimulasi auditori secara
kontinyu
- Jika suasana terasa sunyi
mereka akan membuat suara
Dengan bersenandung.
- Nama
- Suara
- Cara berbicara
- Tutur kata
seseorang
- Senang
menggerakan bola
mata dari kiri ke
kanan
- Hanya melihat
sekilas orang yang
diajak bicara
- Senang
menggambarkan
suara musik, dan
kebisingan di
sekitarnya
- Senang
mengulangi
kata-kata orang
lain
- Baik dalam
hal dialog,
musik dan
suara
Kinestetik
- Menggerakan
otot-otot
tubuh.
- Terlibat dalam
suatu aktivitas
sambil
menggerakan
tubuh
Tertarik pada
semua kegiatan
di lingkungan
- Selalu
membutuhkan
ruang gerak
yang luas.
- Sering merasa
terganggu oleh
aktivitas orang
lain.
Bagaimana
seseorang
bertingkah laku.
- Apa yang
dilakukannya.
- Apa yang
sempat mereka
lakukan
bersama-sama.
- Bagaimana saat
berdekatan
dengan
seseorang.
- Dapat
mendengarkan
dan memikirkan
sesuatu saat mata
tidak melihat
lurus karena
mereka belajar
sambil terus
bergerak.
Tidak banyak
bicara
- Senang bicara
langsung ke
sasaran
- Senang
menggunakan
gerakan tubuh
saat bicara
- Baik dengan
segala jenis
gerakan



BAKAT/TALENTA SESUAI DENGAN
       URUTAN GAYA BELAJAR

AKV
Leader of The Pack
Pemimpin Masyarakat


Politisi


Eksekutif


Manager


pejabat militer
AVK
Verbal Gymnast



(– (orator/Dai/ Orator/Da’i/Dosen/Pengusaha/
Pembaca Puisi/Pembawa Acara/Humas/Diplomat/Sales Marketing)
KAV – Mover and Goovers (Aktivis dan Olahragawan)
KVA – Wandering Wonderers (Pemerhati aktif/ Counseler/Perawat/Seniman)
VKA – SEERS AND FEELERS (PENGAMAT DAN PENELITI)
VAK – SHOW AND TELLERS (PENCERITA/NOVELIS/CERPENIS)


AKV
 (AUDITORIAL, KINESTETIK, VISUAL)
“LEADER OF THE PACK”
(Pemimpin Masyarakat/Politisi/eksekutif/manager/pejabat militer)
-         Pelajar tipe ini berenergi besar
-          Mengambil posisi pemimpin
-          Mengungkapkan perasaannya dengan baik
-          Mereka suka berdebat dan  bermain kata-kata
-          Mengingat hal yang dikatakan kata per kata
-          Berbicara dengan  konstan baik pada saat berbicara atau bernyanyi
-          Mereka umumnya berhasil dalam olahraga dan kegiatan fisik.

AVK
(AUDITORIAL, VISUAL, KINESTETIK)
“VERBAL GYMNAST”
(Orator/Da’i/Dosen/Pengusaha/Pembaca Puisi/Pembawa Acara/Humas/Diplomat/Sales Marketing)
-         Pembicara yang hebat
-          Kemampuan verbal mereka membuat mereka tampak sangat pintar
-          Menyukai berdebat, penceritaan kisah, permainan kata, dan kegiatan verbal lain
-          Pelajar jenis ini sangat cocok pada dunia akademis, tetapi sangat sulit menguasi tugas-tugas fisik dan olahraga
-          Merak merasa enggan melakukan kontak fisik dan sulit mengungkapkan emosi mereka.



KAV
 (KINESTETIK, AUDITORIAL, VISUAL)
“MOVER AND GROOVER”
(Aktivis/Olahragawan/Peneliti/Administrator/Teller Bank)
-         Berorientasi kegiatan fisik
-          Mereka tampaknya selalu bergerak (kinestetik) dan suka memanipulasi (memegang) benda-benda.
-         Bahkan ketika mereka seharusnya duduk tenang, mereka tetap menghentak kaki/merasa gelisah
-          Mereka mengamati dunia dengan menyentuh, melakukan sesuatu, dan mengalaminya sendiri
-          Secara alamiah atletik tepat bagi mereka
-          Mereka sulit memusatkan pikiran pada materi visual.

    
KVA
 (KINESTETIK, VISUAL, AUDITORIAL)
“WANDERING WONDERERS”
(Pemerhati Aktif/Counseler/Perawat/Seniman)
-         Sangat mudah melakukan fisik dan olahraga, terkoordinasi baik dan kehadirannya sangat terasa.
-          Mereka banyak energi dan suka bergerak.
-          Belajar dengan mengamati tindakan orang lain secara diam-diam
-          Mereka mengalami kesulitan mengungkapkan perasaan mereka
-          Bisa terbebani dengan pembicaraan yang terlalu lama (to the point)
-          Mereka suka melihat gambaran utuh dan mengenali bagaimana segala sesuatu saling sesuai.



VKA
 (VISUAL, KINESTETIK, AUDITORIAL)
“SEERS AND FEELERS”
(Pengamat/Perasa)
-         Mereka dengan mudah mengingat hal yang mereka lihat dan baca
-         Belajar dengan meniru tindakan orang lain
-          Mereka sulit mengikuti petunjuk verbal
-          Mereka bekerja sangat baik dalam lingkungan yang sangat teratur; mereka sulit berpikir jernih bila meja mereka berantakan
-          Ketika berbicara, mereka mungkin agak sulit membuat diri mereka dipahami dan memerlukan waktu lama untuk mengerti intinya.

VAK
 (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK)
“SHOW AND TELLERS”
(Pencerita/Novelis/Cerpenis/Penulis Buku)
-         Bersifat sosial, aktif berbicara dan ramah
-          Mereka belajar melalui alat bantu visual seperti grafik, diagram, dan gambar
-          Pembaca aktif dan merasa mudah menghafal yang mereka baca dengan mencacat dan berbicara kepada diri mereka sendiri
-          Mereka menghindari olahraga dan merasa sulit mempelajari tugas-tugas fisik, seperti naik sepeda
-          Mereka banyak berlatih untuk menyesuaikan kegiatan seperti ini
-          Mereka tidak nyaman bila disentuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2011 PAKAR BANGSA - All rights reserved. PIK REMAJA KECAMATAN PASEKAN INDRAMAYU